Kampus dengan Jurusan Pertanian Terbaik 2023, Lengkap dengan Program Studi!

kampus pertanian terbaik

Dalam persepsi masyarakat berkenaan jurusan pertanian sampai sementara ini masih diakui remeh. Seringkali terlihat kata-kata “ngapain sih ngambil jurusan pertanian, kan semua orang bisa bertani?” atau kata-kata “emang lulusan pertanian senang kerja apa?” jadi momok yang menakutkan bagi calon mahasiswa jurusan ini. Mungkin, ini termasuk jadi salah satu kekhawatiranmu, kan?

Mereka berpendapat yang dikerjakan petani (mulai dari proses menanam, memanen sampai menjajakan hasil panen) bisa dikerjakan walaupun anda tidak berkuliah. Padahal lebih dari itu, jurusan ini memiliki tujuan untuk membentuk anda jadi seorang gangguan solver supaya tercapai pertanian berkelanjutan.

Sobat Miku mesti tahu! Kurikulum di jurusan ini lumayan padat. Jadi, terkecuali anda kaum mendang-mending, minggir dulu, deh. Di jurusan ini Sobat Miku dapat memperoleh tugas praktikum baik di lab maupun lapangan untuk mengambil alih sampel.

Baca Juga : Deretan Fakta Asrama Mahasiswa IPB (Institut Pertanian Bogor)

Biasanya nih, sementara praktikum di lapangan yang buat seru, anda bisa pergi ke lokasi yang belum dulu anda datangi dan termasuk bertemu dengan banyak variasi orang yang belum dulu anda jumpai, hitung-hitung menaikkan wawasan di luar kampus dan bisa buat refreshing juga.

Kemudian, sehabis anda bisa selesaikan program sarjana pertanian ini, anda dapat memperoleh gelar S.P. Kalau tentang prospek kerja jangan ditanya, deh. Di jurusan ini, prospek kerjanya benar-benar menjanjikan, nanti Miku bahas di lain sementara ya.

Sudah percaya masuk jurusan ini? sesudah itu memilih kampusnya, yuk. Berdasarkan pemeringkatan QS World University Rankings (QS WUR) by Subject Agriculture & forestry 2022, tersebut ini terdapat 5 kampus dengan jurusan pertanian paling baik di Indonesia.

1. Institut Pertanian Bogor, Peringkat Dunia ke-41

Institut Pertanian Bogor (IPB) jadi kampus pertama dengan jurusan pertanian terbaik. Kampus yang terdapat di kota Bogor ini telah terakreditasi A.

IPB punyai Fakultas Pertanian dengan banyak variasi program studi (prodi) andalan yaitu Ilmu Tanah dan Sumber energi Lahan, Agronomi dan Hortikultura, Proteksi Tanaman, Arsitektur Lanskap, dengan mayoritas prodi telah terakreditasi A.

Kalau Sobat Miku masuk kampus ini, anda mesti bersiap dikarenakan mahasiswa Fakultas Pertanian IPB butuh sementara yang sedikit lebih lama dalam selesaikan studinya. Hal tersebut dikarenakan bagi mahasiswa yang dapat mengerjakan tugas akhir di luar kampus (Bogor) mesti telah selesaikan perkuliahannya.

Sehingga mahasiswa seperti ini dapat laksanakan penelitian di semester 9. Apalagi, dalam selesaikan tugas akhir lebih-lebih tentang dengan tanaman benar-benar terkait terhadap kondisi cuaca dan musim.

2. Universitas Gadjah Mada, Peringkat Dunia ke-151–200

Perguruan tinggi sesudah itu yang jadi kampus dengan jurusan pertanian paling baik adalah Universitas Gadjah Mada. Awal berdirinya Fakultas Pertanian di UGM sejak 27 September 1946 dengan kesibukan perkuliahan memakai layanan yang mirip dengan Perguruan Tinggi Kedokteran di Klaten. Setelah berjalannya sementara UGM konsisten berbenah dan berkembang

Fakultas Pertanian UGM menawarkan Agronomi, Akuakultur, Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, Ilmu Tanah, Manajemen Sumerdaya Akuatik, Mikrobiologi Pertanian, Penyuluhan dan komunikasi Pertanian dan Proteksi Tanaman. Salah satu pencapaiannya adalah dengan penemuan varietas baru terhadap tanaman Tomat dan Teh.

3. Institut Teknologi Bandung, Peringkat Dunia ke-301–350

Selanjutnya kampus paling baik ke-3 jurusan pertanian adalah Institut Teknologi Bandung (ITB). Di Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati Institut Teknologi Bandung (SITH ITB) menawarkan jurusan Rekayasa Pertanian.

Rekayasa Pertanian adalah program studi yang dibangun di atas landasan pengetahuan hayati yang kuat dan menggabungkan ilmu-ilmu pertanian konvensional dengan; komitmen rekayasa biosistem. Prospek Kerja bidang pertanian di antaranya:

  • Wiraswasta (petani profesional).
  • Tenaga ahli pertanian.
  • Tenaga ahli pertanian terhadap industri pertanian dan perkebunan.
  • Lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan lain lain.

4. Universitas Brawijaya, Peringkat Dunia ke-301–350

Kalau anda warga Malang, tenang aja, Malang punyai Universitas Brawijaya (UB) bagi anda yang tertarik meneruskan pendidikan di jurusan pertanian. UB jadi kampus paling baik selanjutnya.

Di kampus ini terdapat jurusan pertanian merasa dari jenjang Sarjana sampai Doktor. Jenjang sarjana Fakultas Pertanian UB terdapat program studi Agroteknologi, Agribisnis dan Kehutanan.

Terdapat banyak variasi beasiswa yang bisa mendukungmu di antaranya: Beasiswa Mahasiswa unggul Daarut Tauhid (DT Peduli), Beasiswa KIP, Beasiswa Ikatan Keluarga Brawijaya Sangatta (IKBS), Beasiswa Riset BAZNAS, dan Beasiswa Kepemimpinan Teladan.

5. Universitas Hasanuddin, Peringkat Dunia ke-351–00

Universitas Hasanuddin jadi kampus selanjutnya, Fakultas Pertanian Unhas didirikan terhadap tanggal 17 Agustus 1962, pas terhadap hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke 17.

Adapun Program Studi FP Unhas meliputi Ilmu dan teknologi pangan, Keteknikan pertanian, Agribisnis, Agro Teknologi dan Proteksi pertanian. Selain itu, termasuk ditambah dengan layanan yang lengkap di antaranya punyai 31 laboratorium, 1 unit teaching industry, 4 unit rumah kaca, 1 unit galeri tanaman dan juga kebun percobaan (experimental farm).

Itulah 5 kampus pertanian yang punyai jurusan pertanian paling baik Berdasarkan pemeringkatan QS World University Rankings (QS WUR) by Subject Agriculture & forestry 2022. Semoga bisa jadi referensi untuk mendaftar seleksi ya, anda termasuk bisa mengunjugi maukuliah.id untuk informasi menarik lainnya.