Paralayang merupakan salah satu olahraga favorit sebagian masyarakat Indonesia. Olahraga yang sedikit memacu adrenalin ini memang cukup banyak penggemarnya. Beberapa tempat strategis untuk melaksanakan paralayang pun banyak diburu mereka. Bukit-bukit tinggi di luar negeri sering menjadi tujuan mereka untuk melakukan kegiatan ini. Namun, kini Anda tidak perlu pergi jauh-jauh keluar negeri. Di Indonesia sendiri, ada banyak tempat tinggi sekaligus eksotis yang cocok digunakan untuk melakukan paralayang. Salah satu tempat favorit yang sering mereka gunakan untuk melakukan paralayang tersebut adalah bukit paralayang Parangtritis.

Bukit yang terletak di pantai Parangtritis, Bantul, Yogyakarta, ini berada di atas ketinggian sisi Barat pantai Parangtritis, pantai tersohor di Jogja. Arenanya cukup luas dan datar, terbentuk dari bebatuan cadas. Tak heran jika tempat ini sangat cocok digunakan sebagai ajang olahraga paralayang. Banyak olahragawan paralayang yang memulai terbang dari tempat ini. Ketinggiannya memang cukup ideal membuatnya sering digunakan sebagai start paralayang.

Paralayang Parangtritis Bantul

Tidak hanya itu, hamparan pasir dan air laut yang membentang di bawahnya juga memberikan pemandangan cukup indah. Banyak pasangan muda yang menghabiskan suasana sunset di sini. Semburat merah yang muncul di sela-sela awan di perbatasan antara permukaan laut dengan langit melukiskan pemandangan luar biasa.

Sensasi Melayang Sekaligus Menikmati Pesona Parangtritis

Untuk mencapai tempat ini, sangatlah mudah. Begitu sampai di pantai Parangtritis, Anda tinggal mengikuti jalur setapak di sisi barat (hanya ada satu jalur di tempat tersebut). Atau, Anda bisa bertanya kepada penduduk setempat. Sayangnya, dari pantai parangtritis, Anda harus melakukan sedikit pendakian. Namun jangan khawatir. Jalur pendakian yang Anda lewati tidak begitu curam. Semua orang bisa melewatinya dengan tenang, asalkan tetap waspada, terlebih jika jalan sedang licin karena hujan. Jika tidak berhati-hati, Anda dapat jatuh ke bawah

Begitu sampai di atas, Anda akan disambut hamparan batu cadas yang datar dan cukup luas. Di bagian bawahnya, Anda dapat langsung melihat air laut yang membentang. Jika langit cukup terang dan Anda sedang beruntung, Anda akan menemui beberapa komunitas paralayang yang sedang berlatih di tempat ini. Mereka siap melakukan penerbangan yang dimulai dari tempat tersebut sesaat setelah payung terbentang lebar. Kegiatan ini tidak dikhususkan untuk anggota komunitas paralatang. Orang umum yang penasaran ingin mencoba pun bisa melakukan paralayang. Hanya saja, Anda akan dikenai biaya sekitar 300-an ribu rupiah per orang. Sebuah harga yang cukup imbang dengan sensasi dan pengalaman yang akan Anda rasakan.

Tidak disyaratkan harus mempunyai keahlian terbang dalam hal ini. Siapa pun Anda bisa mencobanya dengan leluasa. Bagi Anda yang sudah mempunyai izin terbang, bisa melakukannya sendiri. Namun, bagi Anda yang belum mempunyai izin terbang akan didampingi oleh seorang pendamping yang sering disebut tandem.  Dengan memanfaatkan arah Angin Barat, paralayang akan terbang melayang di atas pantai Parangtritis. Oleh karena itu, jika Anda tertarik untuk melakukan paralayang di tempat ini, silakan datang pada bulan Desember hingga Maret, yaitu pada saat musim kemarau dan banyak angin. Berbeda jika Anda ingin melakukan paralayang di Bali yang lebih cocok dilakukan pada bulan Juni hingga Agustus karena memanfaatkan arah Angin Timur.

Menikmati detik-detik hilangnya sinar matahari dari bumi di ujung barat di atas paralayang, ditambah perasaan takut dan deg-degan melayang di udara mampu memberikan sensasi tak terhingga. Sebuah pengalaman yang tidak akan pernah Anda lupakan. Selain dapat digunakan sebagai kegiatan menantang, olahraga ini juga mampu mengisi liburan Anda menjadi berbeda. Suasana menegangkan sekaligus pemandangan menawan di hadapan Anda akan memanjakan mata. Laut yang biru, dataran menghijau di sekitar pantai, pasir hitam, serta deruan ombak putih yang menggulung menjadi perpaduan sempurna ciptaan Tuhan.

So, bagi Anda yang sangat menggemari olahraga paralayang ini dan ingin merasakan pengalaman luar biasa, tidak ada salahnya mencoba terbang dari bukit paralayang Parangtritis. Untuk naik ke bukit ini tidak dipungut biaya sedikit pun. Ajaklah saudara atau teman-teman yang mempunyai hobi sama dengan Anda untuk merasakan nikmatnya berada di bukit paralayang Parangtritis ini.

Call Now
WhatsApp